Mnegenal penyakit Kutil


Penyakit Kutil ?
hmmm...... pasti diantara Sobat sudah pernah mengalami nya tentang penyakit ini, ya memang penyakit ini tidak menimbulkan rasa gatal yg brutal namun walaupun begitu yg namanya Penyakit pasti merugikan bagisi penderita, dan kini Admin ajak para Pembaca untuk mengenal lebih jauh penyakit Kutil ini apakah menular atau tidak , yuk simak :

Kutil adalah pertumbuhan kulit yang tidak wajar berbentuk kecil dan keras yang disebabkan oleh infeksi virus di lapisan atas kulit atau di selaput lendir. Penyakit ini termasuk dalam kelompok penyakit papilomavirus. Penyebab penyakit kutil adalah virus kutil yang di sebarkan oleh sentuhan, tetapi dapat memakan waktu beberapa bulan bagi kutil untuk tumbuh cukup besar dan terlihat.

Biasanya kutil sewarna dengan kulit dan bertekstur kasar meskipun, ada yang berwarna gelap dan halus serta rata. Kebanyakan kutil lambat laun hilang dengan sendirinya, tetapi kita harus berhati-hati, karena menggaruk atau mengorekya dapat menyebarkan kutil dan karenanya harus dicegah. Penyebab penyakit kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV).
Dalam istilah medis penyakit ini yang biasa disebut penyakit papilloma. Penyebab penyakit kutil adalah Papilloma sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Bentuk kutil ini bisa bermacam-macam. Bisa besar atau kecil. Biasanya kalau dipegang tidak sakit, dan bila sudah membesar bisa berdarah kalau lecet. Bila sudah besar bentuknya seperti bunga kol.
Berikut ini adalah dua jenis caplak atau kutil yang sering ditemui :
  1. Veruca Vulgaris. Kutil jenis ini terjadi paling sering ditangan, jari-jari tangan dan kaki, dan telapak tangan/ kaki. Namun, dapat juga tumbuh ditempat-tempat lain. Mula-mula berupa papula (penonjolan padat terbatas tegas di permukaan kulit dengan diameter < 1 cm) kecil seukuran kepala jarum, kemudian tumbuh menonjol, pemrukaannya menjadi lenih gelap dan hiperkeratosis. Penatalaksanaannya memerlukan keahlian medis tertentu, berupa karet, elektrodesikasi ringan, cryosurgery dengan nitrogen cair, asam trichoracetat 50-80%, dan zat keratolitik (asam salisilat 20%, asam lakat 10%).
  2. Veruca Plana. Kutil jenis ini terjadi paling sering pada kepala, pipi, hidung, leher, dan punggung tangan. Kutil jenis ini merupakan caplak/ kutil yang berwarna seperti kulit atau kehitaman, lunak, dan berbentuk papula-paupla datar berdiameter 1-3 mm. Caplak/ kutil ini umumnya multipel banyak. Penatalaksanaannya memerlukan keahlian medis tertentu, yaitu berupa pemberian nitrogen cair 5-15 detik, elektrocauterisasi, ataupun pemberian asam vitamin A 0,1% dalam bentuk krim.

Macam-Macam Kutil

Secara garis besar, kutil dibedakan menjadi dua, yakni veruca vulgaris (caplak) dan epidermodysplasia verruci-formis. Epiderma artinya kulit, dysplasia adalah sel-sel yang membelah, sedangkan verruci-formis artinya bertangkai menyerupai jengger ayam. Jadi epidermodysplasia verruciformis berarti sel-sel kulit yang membelah bertangkai menyerupai jengger ayam, yang disebabkan oleh HPV.
Para ahli mengungkapkan ada beberapa jenis kutil yaitu:
1. Veruka Vulgaris
Kutil sejenis ini memiliki permukaan yang sangat kasar, serta tekstur yang berupa jendolan yang menebal dan disebut dengan papula atau plak. Banyak ditemui pada setiap bagian tubuh, namun lebih sering timbul di jari-jari, siku dan lutut. Banyak terdapat bintik-bintik kecil yang gelap, berasal dari pembuluh darah beku.
2. Veruka PlantarisKutil yang tumbuh pada telapak kaki, namun terkadang tumbuh pada tumit dan jari kaki. Bentuknya datar karena mengalami penekanan akibat berjalan
3. Veruka PlanaKutil ini berbentuk bulat, datar, mulus dan pada umumnya berwarna kuning, kecoklatan, atau bahkan warna kulit. Sering ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.
4.Viruka FiliformisMerupakan kutil yang bentuknya memanjang, yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher atau bibir.
5. Kondiloma akuminata (genital warts)Kutil lembab yang ditemukan di daerah kemaluan. Disebabkan oleh virus yang menular lewat hubungan kelamin. Kutil kelamin terlihat kecil atau kelihatan seperti kembang kol.

Berikut adalah beberapa contoh resep pengobatan untuk kutil, yaitu
1. Cara Pertama
Bahan :
- Lengkuas (Languas galanga)
- Kapur sirih
Cara Pemakaian :
- Tumbuk sepotong lengkuas dan kapur sirih hingga halus
- Kemudian aduk hingga rata
- Setelah itu tempelkan ramuan pada kutil
- Ulangi beberapa kali
2. Cara Kedua
Bahan :
- Tanaman patah tulang (Euphorbia tirucalli)
Cara Pemakaian :
- Haluskan semua bagian tanaman patah tulang
- Tempelkan ramuan pada kutil
- Lakukan secara rutin
3. Cara ke tiga
Siapkan 1 genggam irisan bawang merah yang telah direndam terlebih dahulu dalam larutan cuka. Tempelkan irisan tersebut pada kulit yang ada kutil, atau mata ikannya. Untuk membantu efektivitasnya lekatkan dengan plester. Biarkan selama dua hari.
okeeeee. itulah sekilas info tentang penyakitkutil yg perlu Agan ketahui..