Hal yang perlu dihindari saat menjalani wawancara kerja

Ketika Kangmas Mbakyu berhasil mendapatkan panggilan wawancara kerja di sebuah badan usaha yang sudah lama Anda idamkan, banyak persiapan yang harus Panjenegan lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Panjenegan hindari ketika sedang menjalani proses interview, dilansir dari Business Insider.
1. Berpenampilan sembarangan
Profesionalisme seseorang bisa dilihat hanya dari selera pakaiannya. Jika Anda melamar pekerjaan di sebuah kantor berita, maka Anda harus memakai pakaian rapi, minimal kemeja dan celana jeans. Namun, lain lagi ceritanya jika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan multi-nasional yang bergerak di bidang distribusi hasil alam. Untuk pekerjaan ini, memakai jas akan membuat Anda tampil profesional dan siap menjalankan posisi sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Bagi Anda yang wanita, perhatikan cat kuku Anda jika memang sedang memakainya. Jika ada cat kuku yang mengelupas namun Anda tidak punya waktu untuk mengecat ulang, sebaiknya hapus saja sekalian. Hindari pula memakai parfum berlebihan atau yang aromanya menusuk hidung, karena Anda akan dianggap terlalu berusaha mencari perhatian.
2. Kata "Emm..." atau "Eee..." saat menjawab pertanyaan
Yang namanya grogi pasti selalu menghampiri orang-orang yang sedang menjalani wawancara kerja. Namun, Anda harus mampu menyiasati rasa grogi itu dengan tetap bersikap fokus agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan interviewer dengan baik. Jika Anda gagal dan malah sering mengeluarkan kata, "Emm..." atau "Eee..." saat sedang memikirkan jawaban, itu akan merugikan Anda sendiri. Anda akan terlihat tidak fokus dan tidak bisa berpikir cepat. Yang lebih parahnya, Anda bisa dianggap tidak yakin pada diri sendiri. Alternatifnya, Anda bisa mengucapkan, "Itu pertanyaan yang bagus. Kalau menurut saya, jawabannya adalah..." untuk mengulur waktu sambil berpikir.
3. Tidak membawa alat tulis
Hanya diam dan menjawab setiap pertanyaan dengan sikap badan yang kaku akan membuat Anda nampak buruk di depan interviewer. Oleh karena itu, Anda harus sedia alat tulis untuk mencatat semua pertanyaan penting ataupun jawaban penting yang terlontar selama proses wawancara berlangsung. Ini akan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang mau belajar keras dan bisa merendahkan diri untuk mendapatkan ilmu yang lebih tinggi.
Tuhan menghargai usaha mu kawan
optimis adalah jiwa mu
Semoga bermanfaat
Salam Gio Pamot